Sah-sah saja Jadi JC KPK tapi Update geh

Ahli Hukum Pidana dari Universitas Negeri Lampung Dr Eddy Rifai memberikan saran kepada dua orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka baru berdasarkan hasil pengembangan kasus korupsi mantan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

Kedua orang tersangka itu adalah H-H dan S-Y-H, yang ditahan oleh KPK usai mencermati hasil vonis hakim kepada Zainudin Hasan.

Saran dari Dr Eddy Rifai ini ialah menyoal konsep Justice Collaborator atau JC yang merupakan hak dari mereka yang telah ditetapkan menjadi tersangka.

Dr Eddy Rifai mendorong agar materi JC yang diajukan nanti lebih memberikan informasi kepada KPK tentang peristiwa korupsi yang tidak lagi berkaitan dengan kasus sebelumnya.

Karena pada perkara sebelumnya, KPK sudah mengetahui hampir seluruh informasi mengenai perbuatan korupsi di Tahun Anggaran 2016 sampai 2018.

Jika pun ada pengajuan JC, para pemohon diharapkannya mampu memberikan informasi baru atau ter-update kepada KPK terkait peristiwa perbuatan korupsi yang terbarukan. Yaitu pada Tahun Anggaran 2019-2020.

* Statement Dr Eddy Rifai [01.15 sampai 01.56]