Warga Wadas Terdampak Proyek Bendungan Bener

Sedikitnya 500 petani Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, menyatakan keberatan terkait rencana penambangan batu untuk material pembuatan Bendungan Bener. Pasalnya, aktivitas itu berpotensi merusak lahan pertanian dan ekosistem alam mereka.

Diproyeksi, bendungan ini bakal menjadi bangunan tertinggi di Indonesia dan mampu menyuplai air ke beberapa kabupaten di sekitarnya, seperti Purworejo, Wonosobo, hingga Yogyakarta.

Ratusan warga Wadas menolak rencana penambangan batu untuk pembuatan pondasi Bendungan Bener. Bila hal tersebut tetap dilakukan maka mata pencarian mereka sebagai petani terganggu. Desa ini dikenal penghasil durian, vanili, kemukus, gula aren, dan cengkeh.

Moh Suud, Ketua RT- 3, RW-1, meminta semua pihak jangan salah mengartikan sikap mereka. Prinsipnya warga tak berkenan lahan pertanian dirusak. Jadi, bukan menolak keberadaan bendungan.

Pada sisi lain, warga juga merasa tidak dilibatkan dalam rencana penambangan tersebut. Tentunya hal ini menjadi salah satu yang menyebabkan mereka menolaknya proses penambangan batu tersebut. (*)