Warga Sebesi Bosan Mengungsi

Ribuan warga pulau sebesi mulai bosan di pengungsian, mereka menyatakan ingin segera pulang ke kampung halamannya untuk melanjutkan aktivitasnya.

Mereka yang sekarang tinggal di posko darurat bencana di Lapangan Tenis Indoor Kalianda Lampung Selatan masih menunggu kepastian dari BMKG dan Pemerintah terkait status gunung anak krakatau yang sekarang mulai menurun aktivitasnya.

Selain itu, mereka juga mengkhawatirkan barang-barang berharga miliknya yang ditinggalkan di Pulau Sebesi, lantaran takut dicuri.

Selain itu, para pengungsi Pulau Sebesi yang setiap harinya beraktivitas bertani dan melaut, kini nyaris tidak memiliki aktivitas dan hanya menunggu kepastian untuk kembali ke kampungnya dengan melihat kondisi aktivitas gunung anak krakatau.

Para pengungsi yang ditampung di Posko Tenis Indoor, Kalianda, menilai penanganan korban pasca tsunami secara umum berjalan baik.

Kendati demikian masih banyak yang harus dioptimalkan baik dari penyediaan sarana dan fasilitas di posko pengungsian, juga soal penanganan pendistribusian dan perbaikan rumah tinggal warga yang hancur pasca diterjang bencana tsunami.

Harapan pun terlontar dari para pengungsi warga Pulau Sebesi ini, agar pemerintah memberikan informasi batas waktu berada di pengungsian. (*)