Warga Rajabasa Bersiap Pulang

Hampir dua pekan pasca tsunami, desa lokasi korban tsunami di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung, mulai pulih.

Petugas dari TNI dan SAR terus berkerja membersihkan sisa puing yang masih ada berserakan. Sementara itu, warga korban tsunami sudah mulai pulang ke rumahnya untuk membersihkan rumah meski saat malam harus kembali ke pengungsian.

Kerja tanpa lelah, itu yang dilakukan personel TNI AD di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung.

Personel TNI, Polri dan Basarnas lainnya masih terus berkerja melakukan normalisasi desa korban tsunami.
Normalisasi desa korban tsunami saat ini sudah memasuki tahap membersihkan sisa puing secara manual yang sebagian besar tidak bisa disingkirkan dengan alat berat.

Hampir dua pekan pasca tsunami, warga korban stunami sebagian sudah kembali pulang ke rumahnya saat siang hari.

Mereka turun dari pengungsian kembali ke rumahnya untuk membersihkan perabotan dan barang berharga rumah yang masih selamat, meskipun saat malam hari mereka tetap harus kembali ke pengungsian.

Sementara itu, aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK) terus erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 300 meter hingga 1500 meter dari puncak kawah gunung.

Ribuan warga Pulau Sebesi yang berada dekat dengan Gunung Anak Krakatau pun masih berada di posko pengungsian lapangan tenis indoor kota kalianda, kabupaten lampung selatan.

Mereka pun masih menunggu kepastian dari BMKG dan belum mengetahui kapan dikembalikan ke rumahnya masing-masing oleh pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. (*)