Warga Bumiwaras Lestarikan Adat & Jaga Kerukunan Beragama

Warga Bumiwaras Lestarikan Adat & Jaga Kerukunan Beragama

Warga kelurahan bumi waras pada minggu pagi mengadakan karnaval dan seni budaya, kegiatan tahunan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun baru islam 1440 hijriah.

Dalam rangka memperingati hari besar islam 1 muhararam 1440 hijriah atau yang dikenal juga dengan istilah 1 suro, warga kelurahan buwi waras kecamatan bumi waras menggelar acara tahunan pawai budaya dengan tema yang diusung kali ini menjaga dan melestarikan adat istiadat serta kerukunan antar umat beragama.

Meski sempat diguyur hujan, namun keceriaan dan semangat peserta tetap terlihat, berbagai ornamen pun turut meramaikan kegiatan ini, terdapat seni musik dan tari, hiasan kendaraan yang berbentuk binatang – binatang, dan peserta yang mengenakan pakaian adat dan kostum – kostum yang unik.

Karnaval dan seni budaya ini diikuti oleh ratusan peserta, yang terdiri dari berbagai suku dan lintas agama, yang diharapkan agar dapat lebih memperkukuh persaudaraan dalam membangun negara kesatuan Republik Indonesia.
Diakhir dari gelaran acara ini ratusan warga pun berebut gundukan hasil bumi yang telah didoakan oleh para ketua paguyuban dengan harapan berkah tahun ini dapat berlimpah untuk negara dan dapat selalu mereka rasakan. (*)