Warga 2 Kabupaten Sampaikan Keluh-kesah

Masyarakat Way Jepara, Lampung Timur dan Register 45, Mesuji, mengadukan permasalahan lahan kepada DPD RI dan Gubernur Lampung, pada pertemuan di ruang Abung Balai Keratun, pagi tadi.

Masyarakat Way Jepara Lampung Timur yang tergabung dalam Forum Kolaborasi Gunung Balak meminta kepada pemerintah Provinsi Lampung untuk mengembalikan fungsi hutan Register 38.

Penasehat Forum Nurdin Yusuf mengatakan dalam Register 38 terdapat danau sebagai sumber air untuk empat Kecamatan di Lampung Timur.
Dengan perambahan hutan, danau tersebut menyusut, sehingga pihaknya meminta pemerintah untuk melakukan penghijauan hutan kembali di sekitar danau yang luasnya mencapai 5.000 hektare.

Dia memberi waktu pemerintah untuk segera menindaklanjuti masalah tersebut dalam 3 bulan ke depan. Sementara anggota DPD RI Andi Surya menyatakan akan menindaklanjuti pengaduan masyarakat Register 38 dengan memanggil pihak kementerian agraria untuk menyikapi masalah tersebut.

Terkait Register 45, masyarakat meminta pelepasan lahan. Menurut Andi Surya, hal itu sangat wajar. Pasalnya masyarakat sudah lama tingal di sana. (*)