Sebesi Disiapkan Jalur Evakuasi

Puluhan rumah warga Pulau Sebesi yang hancur diterjang gelombang tsunami Selat Sunda, akan direlokasi ke tempat yang lebih aman dengan jarak 400 meter dari bibir pantai.

Selain itu akan dibuatkan jalur ke dataran tinggi demi memudahkan evakuasi warganya.
Ribuan warga Pulau Sebesi yang lokasinya berdekatan dengan gunung anak krakatau masih mengungsi dan bertahan di posko pengungsian Lapangan Tenis Indoor Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Hampir 2 pekan para penghuni Pulau Sebesi yang lokasinya berdekatan dengan gunung anak krakatau ini berada di posko pengungsian, lebih dari 70 rumah warga pulau sebesi hancur.

Tidak hanya rumah warga yang hancur,pemerintah juga menghimbau ke masyarakat Pulau Sebesi untuk tidak membangun rumah di dekat bibir pantau Pulau Sebesi.

Sementara itu, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, berkunjung ke posko pengungsian korban tsunami di kabupaten Lampung Selatan. Dia juga memberikan bantuan ke korban tsunami dan meminta warga agar berada di jarak aman dari bibir pantai minimal 400 meter.

Pada sisi lain data dari BMKG yang menyatakan ada keretakan yang terjadi pada bagian tubuh gunung krakatau.
Dari pos pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) secara visual gunung tampak jelas dengan asap kawah betekanan sedang teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 300-2000 meter di atas puncak kawah. (*)