Robot Kayu Edy Chou Detail & Mahal

Robot Transformer tentu bukan nama asing bagi kita saat ini, tokoh-tokoh film fiksi ini dikenal dengan baju berbahan besi dan logam.

Namun apa jadinya jika robot transformer terbuat dari bahan kayu seperti stick es krim, harganyapun mengikuti tingkat kesulitan berkisar Rp500-an, terbilang mahal memang.

Hal inilah yang membuat hasil karyanya tak begitu diminati di Lampung,
Haryadi Chou atau akrab dipanggil Edy Chou berhasil menciptakan beberapa tokoh transformer dari stik es krim. Tak hanya berukuran mini, Edy juga membuat robot seukuran orang dewasa.

Tokoh-tokoh yang diciptakan juga bervariasi, selain transformer juga ada robot gundam yang sempat berjaya di era 2 ribuan.

Kemudian robot real steel dan terminator serta miniatur truk, selain itu Edy juga memadupadankan bahan pembuatan dari stik es krim dengan tusuk gigi.

Alat-alat ini juga tergolong sederhana di antaranya gergaji besi ukuran kecil, pisau cutter, lem korea dan stik es krim.
Proses pembuatannya membutuhkan ketelatenan dan ketelitian, untuk robot gundam seukuran orang dewasa pengerjaannya membutuhkan waktu 9 bulan, menghabiskan 15 bal stik atau 8 ribu 4 ratus batang stik es krim, dan 8 puluh botol lem korea, dan dikerjakan hanya pada saat malam hari.

Dalam hal pemasaran produk kerajinan tangannya, Edy Chou mengaku lebih selektif dalam memilih calon pembelinya.

Karena sebagian calon pembeli yang berasal dari kota bandarlampung menginginkan harga yang murah.
Dan untuk membantu pemasaran robot robotnya Edy Chou juga menawarkan produknya lewat media sosial facebook dengan akun Haryadi Chou.

Pria yang tinggal di Telukbetung Utara, Kelurahan Kupang Teba, ini mengawali karyanya dari iseng-iseng belaka.
Semula bahan yang dipakai adalah limbah batang korek api, tetapi karena sudah banyak yang melakukan hal serupa, Edy Chou mencoba berinovasi dengan menggunakan bahan stik es krim dan tusuk gigi. Edy berharap pemasaran karyanya yang unik ini bisa mengangkat nama Lampung di kancah nasional.

Sebuah kerajinan tangan unik dari Bandarlampung ini bisa dijadikan sebagai souvenir atau kado kepada kerabat. Jika ingin menemui Edy Chou bisa mengunjunginya di Jalan MS Batubara, gang pacar nomor 4 Kupang Teba. (*)