Rahmad Hidayat Dibui 9 Tahun

Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tanjung Karang, pada Rabu kemarin, menggelar sidang putusan pencabulan oleh Rahmad Hidayat terhadap anak di bawah umur, dengan penjara 9 tahun dan denda 1 milyar rupiah.

Di ruang R Subekti, Gedung Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tanjung Karang Bandar Lampung, digelar sidang terkait perkara pencabulan terhadap anak di bawah umur, yang dilakukan oleh seorang duda berusia 33 tahun.

Sidang yang berlangsung kali ini, dipimpin oleh Hakim Ketua Fitri Ramadhan, dan putusan dibacakan oleh hakim anggota Aslan Ainin, yang memberikan vonis kepada terdakwa Rahmad Hidayat, dengan pidana penjara 9 tahun dan denda 1 milyar rupiah, subsider 6 bulan kurungan.

Vonis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya yaitu 12 tahun kurungan penjara.

Dalam hal meringankan, bahwa terdakwa belum pernah dipenjara, berlaku sopan selama jalannya proses persidangan, mengakui segala perbuatannya, dan berjanji tidak akan melakukannya lagi.

Meski perbuatan cabul itu dilakukan atas dasar suka sama suka, namun terdakwa Rahmat Hidayat melakukannya kepada anak yang masih di bawah umur, berusia 15 tahun, sehingga ia pun dijerat dengan pasal tentang perlindungan anak. (*)