Produk Pangan Aman Dikonsumsi

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah Lampung menggelar inspeksi mendadak di sejumlah swalayan.

Hasilnya? Mereka tak menemukan produk makanan berbahaya. Pemantauan dan pengawasan keamanan di peredaran jelang Natal dan tahun baru, dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan tradisional dan modern di Bandarlampung.

Di antaranya Pasar Tugu, Giant Antasari, dan Transmart Way Halim, Kamis tadi. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lampung Kusnardi, didampingi Kabag Tata Usaha BPOM Bandarlampung Ramadan, mengatakan dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan makanan kadaluarsa dan hanya ada beberapa kemasan produk yang rusak masih dipajang. Serta, penggunaan bahan pewarna makanan berbahaya agar tidak dipajang.

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Oktovia Hafid dalam kesempatan itu juga mengatakan, dari 12 sampel yang disidak di tiga lokasi tersebut, tidak ditemukan adanya makanan dan buah-buahan yang mengandung formalin maupun zat pestisida.

Meski begitu, dia menghimbau kepada konsumen untuk tetap teliti ketika berbelanja. (*)