Politeknik Sawunggalih Aji Gelar Workshop Jurnalistik

HIMPUNAN Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar workshop jurnalistik bagi para pelajar dan mahasiswa, Rabu kemarin.

Workshop Jurnalistik yang digelar di Kampus Politeknik Sawunggalih Aji ini mengangkat tajuk Menelisik Jurnalistik dengan Asik.

Sulistyowati, Ketua Panitia, mengatakan kegiatan ini menyertakan para pelajar SMK, SMA, hingga mahasiswa.
Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Polsa Agus Fitri Yanto SE MM menjelaskan peserta mendapat materi dan mempraktikkan jurnalistik kekinian.

Pemateri Dosen Bahasa Indonesia Novita Purnaningsih SS MA menjelaskan teknik kerja jurnalistik mengenali hoax dan diskusi dengan peserta.

Caranya dengan melacak sumbernya dan melakukan konfirmasi, maka bisa terhindar dari jebakan hoax.
Menurutnya, secara umum mahasiswa dan pelajar telah memahami tugas jurnalistik. Mereka memahami dasar sebuah berita yang terdiri dari unsur what (apa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), who (siapa) dan how (bagaimana). Mereka juga mampu ketika ditugasi membuat tulisan singkat.

Rina Handayani dari SMAN 2 Purworejo, bersama 5 orang temannya, menyampaikan bahwa ilmu jurnalistik sangat erat dengan dunia media sosial saat ini. (*)