Pengadilan Terima Kunjungan Delegasi Jepang

BANDAR LAMPUNG – Pengadilan Negeri kelas 1a Tanjung karang, Bandar lampung menerima kunjungan para dlegasi hukum yang berasal dari negeri sakura, pada kamis 6 september 2018 siang. Mereka menyambangi Indonesia untuk menmpelajari sistem dan bentuk hukum yang berlaku di Indonesia.

Professor Yoshiro Kusano, seorang pengajar di salah satu universitas yang ada di kota Hirosima Jepang, memimpin rombongan pengacara asal negeri sakura, untuk meninjau langsung dan mempelajari sistem hukum yang ada di Indonesia.

Mantan hakim ini pun mengatakan bahwa hukum yang ada di Indonesia cukup berbeda dengan yang ada di Jepang, Indonesia memiiki hukum yang termasuk didalamnya adalah hukum syariah dan hukum adat, sesuai dengan keberagaman yang terdapat di Indonesia.

Rombongan dari Jepang ini juga memantau dan melihat – lihat ruang sidang yang ada di dalam gedung pengadilan, mereka cukup heran dengan benda yang biasa digunakan oleh hakim untuk membuka dan menutup sidang suatu perkara dengan palu kayu, sebab di negerinya hakim tidak menggunakan palu sebagai perlengkapan persidangan.
Kunjungan ini adalah suatu bentuk kerjasama antar kedua negara yakni Jepang dan Indonesia di bidang hukum, dan diharapkan akan terus berlangsung bentuk kerjasama ini termasuk dibidang lainnya. (*)