Pencabulan Anak Naik Gegara Sanksi Lemah

Tindak pencabulan sebagian besar menimpa korban di bawah umur naik. Hal itu membuat masyarakat resah. Aparat diminta mengganjar para pelaku dengan sanksi seberat-beratnya.

Tindak pidana pencabulan yang marak terjadi belakangan ini, menjadi hal yang memprihatinkan banyak kalangan, dari tahun ke tahun kejahatan terhadap anak ini terus menerus meningkat.

Edi Rifai selaku pengamat hukum pidana Universitas Lampung, membenarkan peningkatan itu, dan ia mengatakan bahwa fenomena ini sama halnya seperti kejahatan yang lain, yang memang kenyataannya terus – menerus bertambah persentasenya.

Menyingkapi tindak pidana ini, masyarakat menilai bahwa, hukuman pidana yang dijatuhkan tehadap para pelaku pencabulan, belum maksimal dijalankan, sehingga tidak ada efek jera untuk menghentikan adanya pelaku – pelaku yang baru.

Sebelumnya, hukuman kebiri yang pernah terlontar bagi para predator anak ini, menjadi sebuah polemik, lantaran hukuman suntik kebiri tersebut ditolak oleh para dokter, karena menurut mereka seharusnya medis adalah sebuah jalan penyembuhan, bukan sebuah penyiksaan. (*)