Pemprov Lampung Percepat e-KTP Songsong Pemilu 2019

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR – RI ) mendesak pemerintah Provinsi Lampung untuk mempercepat proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( e-KTP ).

Percepatan proses perekaman kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP ) tersebut guna menunjang juga kesiapan pemprov dalam pemilihan presiden 2019, saat ini Pemprov menyatakan masyarakat di Provinsi Lampung yang sudah melakukan perekaman e-ktp sebanyak 91 persen.

Desakan tersebut saat Komisi II DPR RI Jumat pagi melakukan kunjungan kerja di Provinsi Lampung. Rombongan Komisi II DPR RI ini diterima di kantor badan pertanahan nasional ( bpn ) lampung.

Dalam pertemuan ini, ada beberapa hal yang menjadi sorotan. Salah satunya yakni, Komisi II DPR RI mendesak pemerintah Provinsi Lampung untuk mempercepat proses perekaman kartu tanda penduduk elektronik ( e-KTP ).

Wakil ketua Komisi II DPR RI, Herman Khaeron mengatakan, desakan ini perlu dilakukan mengingat tahun 2019 mendatang merupakan masa pemilihan presiden ( Pilpres ), dimana untuk menggunakan hak pilihnya, masyarakat wajib mempunyai KTP elektronik.

Sementara itu, Pemprov Lampung mengaku saat ini sudah berupaya untuk melakukan percepatan proses perekaman e-ktp, menurut kepala dinas kependudukan dan catatan sipil, Achmad Syaefullah saat ini sudah 91 persen masyarakat yang melakukan perekaman e-ktp.

Dia merinci, dari masyarakat yang wajib mempunyai e-ktp sebanyak 6,6 juta jiwa yang sudah melakukan perekaman sebanyak 5,9 juta jiwa, dengan sisa 9 persen lagi pihaknya optimis untuk mengejar target.

Selain mendesak percepatan perekaman e-ktp, Komisi II DPR RI juga meminta Disdukcapil untuk memperhatikan fasilitas pendukung perekaman yang rusak agar segera diperbaiki demi menunjang percepatan perekaman. (*)