Pemprov Lampung Kenalkan SIMBG & OSS

Pemprov Lampung Kenalkan SIMBG & OSS

BANDAR LAMPUNG – Kementerian pekerjaan umum dan penataan ruang meminta pemerintah provinsi lampung dan pemerintah kabupaten/kota mensosialisasikan layanan sistem informasi manajemen bangunan gedung online single submission. sistem ini merupakan sistem perizinan online termasuk izin mendirikan bangunan.

Kementerian pekerjaan umum dan penataan ruang terus mensosialisasikan agar pemerintah daerah bisa menerapkan sistem informasi manajemen bangunan gedung online single submission, termasuk di provinsi lampung.

Kementerian PUPR menyatakan, bahwa seiring perkembangan zaman yang serba teknologi, maka sistem pelayanan pun harus ditingkatkan. SIMB-OSS merupakan sistem layanan yang dapat mengimplementasikan IBM sertifikat laik fungsi, surat bukti kepemilikan bangunan gedung dan perizinan lainnya.

Staf ahli kementerian PUPR M Natsir mengatakan, pemprov lampung dan pemkab harus bisa menerapkan sistem layanan berbasis online ini, agar lebih memudahkan masyarakat. Kementerian PUPR akan terus melakukan pendampingan dan sosialisasi terhadap layanan ini.

Sementara itu, pelaksana tugas asisten II bidang ekonomi dan pembangunan pemprov lampung, Taufik Hidayat mengatakan, pemprov siap untuk menerapkan sistem pelayanan berbasis online ini.

Menurutnya selain memberikan kemudahan dalam hal proses perizinan bangunan, juga memudahkan investor bisa memantau langsung perkembangan izin yang diajukan.

Untuk mensosialisasikan penerapan sistem layanan berbasis online SIMBG-OSS ini, kementerian PUPR bersama pemprov melakukan pelatihan bagi instansi terkait. Pelatihan dilakukan di hotel Swisbell, Bandar lampung. (*)