Pemprov Lampung & Kementerian P3A Dampingi Korban Incest

Sebelumnya, tak ada yang menyangka tragedi inses akan menimpa keluarga Jiman di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu.

Dia bersama dua anak lelakinya memperkosa anak, kakak, sekaligus adik mereka sendiri.
Kini, korban berada di bawah pengawasan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak setempat.

Para tetangga mereka sama sekali tak mengira sikap pendiam dan tertutup keluarga ini karena berupaya memendam rahasia yang memilukan tersebut.

Mengingat beberapa bulan sebelumnya, ketika istri dan ibu mereka masih hidup, kehidupan mereka rukun aman dan damai layaknya keluarga normal.

Kalaupun berubah menjadi pendiam mereka mengira karena masih dalam suasana berkabung akibat ditinggal sang istri dan ibu mereka.

Kini, tragedi yang menimpa keluarga tersebut telah menjadi perhatian dunia. Bahkan Pemprov Lampung mengutus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ikut menangani korban yang menyandang disabilitas tersebut.

Dinas P3A Lampung diminta mengunjungi korban untuk melakukan pendampingan secara intensif dalam hal psikis, trauma healing hingga pendampingan hukum.

Bahkan Kepala Dinas P3A Lampung Bayana mengajak bekerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan rapat koordinasi terkait Kebijakan perlindungan anak penyandang disabilitas.

Tujuannya, selain menindaklanjuti kasus tersebut, juga memberikan perhatian khusus terhadap anak penyandang disabilitas agar mereka dapat tumbuh dan berkembang setara dengan anak lainnya. (*)