Pemkab Waykanan & Bank Indonesia Bina Petani Kopi

Pemkab Waykanan & Bank Indonesia Bina Petani Kopi

Pemerintah kabupaten Waykanan bersama Bank Indonesia menggelar bimbingan teknis budidaya kopi (good agriculture practice) kepada para petani di kampung Jukubatu, kecamatan Banjit, pada 15 hingga 16 september kemarin.

Kepala dinas perkebunan waykanan Bani Aras menjelaskan petani kopi yang mengikuti kegiatan good agriculture practice berasal dari tiga kecamatan, yaitu, Banjit, Kasui dan rebang tangkas.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani kopi, meningkatkan produksi dan pendapatan petani kopi, menambah wawasan manajemen teknik budidaya tanaman kopi, penanganan pasca panen dan pengolahan biji kopi berkualitas, serta pengembangan kelembagaan kelompok tani kopi.

Selain itu waykanan adalah satu dari tiga kabupaten di lampung yang memiliki ciri khusus dalam budidaya pertanaian kopi. Dua kabupaten lainnya adalah Lampung barat dan Tanggamus.

Hal ini diperkuat juga dengan serifikat yang diperoleh waykanan dari kementerian hukum dan hak azazi manusia jakarta terkait indikasi geografis dengan nama kopi robusta lampung sesuai nomor 000000026 tanggal pendaftaran 13 mei 2014. (*)