Parosil Mabsus Gelar Bediom

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menggelar Bediom atau pindah rumah dari Waymengaku menuju pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Senin sore kemarin.

Saat tinggal di Waymengaku, Parosil menempati Rumah Dinas Sekkab Lampung Barat. Mengingat Rumah Dinas Bupati Lampung Barat di Pekon Kubuperahu Tengah direnovasi ketika itu.

Prosesi adat Bediom inipun dibarengi dengan silaturahmi akbar bersama warga di sana. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pengajian dan doa bersama di Rumah Dinas Bupati Lambar, kemudian dilanjutkan dialog kebangsaan dengan melibatkan seluruh unsur civil society yakni pemerintah, aparat penegak hukum, PWI, media cetak, media televisi, LSM, Ormas, OKP dan organisasi keagamaan.

Selain dialog kebangsaan, silaturahmi akbar menampilkan berbagai pagelaran seni dan budaya dari seluruh kecamatan yang ada di Lampung Barat seperti sanggar seni stiwang, sanggar seni banjar masin, cakak buah, kuda lumping, nyambai dan kesenian tradisional lainnya.

Parosil berujar, silaturahmi akbar dimaksudkan merayakan keberagaman untuk menuai persatuan dan kesatuan antar masyarakat beradat di lampung barat dengan balutan pentas seni dari berbagai suku yang ada di kabupaten setempat. (*)