Nelayan Masih Takut Melaut

Bencana Tsunami yang terjadi pada Sabtu malam di Banten Dan Lampung Selatan, turut berpengaruh pada kegiatan penangkapan ikan para nelayan.

Seperti yang terjadi di Pasar Gudang Lelang, Kelurahan Bumi Waras Teluk Betung Selatan.
Hingga hari ini mereka masih enggan untuk melaut, akibatnya harga beragam jenis hasil tangkapan laut meroket.
Aktivitas Pasar Gudang Lelang, yang ada di Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, tak seramai seperti hari biasanya.

Hingga hari ini pasca kejadian bencana tsunami yang menimpa Banten dan Lampung selatan pada Sabtu malam kemarin, pasar ini sepi pengunjung.

Dan para pedagang yang biasa menjajakan ikan hanya terdapat beberapa orang, kalaupun menjual tentunya harganya sangat mahal. Misalnya ikan tenggiri dihargai Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per kilogramnta, biasanya hanya di kisaran Rp 40 ribu atau Rp 50 ribu per kiligram.

Lalu ikan kembung yang umumnya hanya kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogramnnya kini mencapai Rp 100 ribuan setiap kilogramnnya.

Saat ini ikan yang mereka jual adalah hasil tangkapan kemarin, yang disimpan sejak minggu. Pada sisi lain puluhan kapal nelayan masih sauh jangkar di kawasan itu.

Para nelayan ini mengaku masih takut untuk melakukan aktivitas dikarenakan bancana tsunami yang terjadi kemarin dan dikhawatirkan masih akan berlanjut. (*)