Nanang Ermanto Nyaris Disuap

Pengadilan negeri Tipikor kelas 1a Tanjung karang, menggelar sidang tindak pidana korupsi di lingkungan dinas PUPR kabupaten Lampung selatan, yang melibatkan mantan bupati Lampung selatan Zainudin Hasan, dan pihak swasta Gilang Ramadhan, terkait fee proyek untuk beberapa paket proyek pembangunan.

Hakim ketua Mien Trisnawaty, memimpin sidang perdana terkait fee proyek yang diberikan kepada mantan bupati Lampung selatan, melibatkan pimpinan PT Prabu Sungai Andalas , Gilang Ramadan.

Fee proyek yang diberikan sebanyak 1 milyar 4 ratus juta rupiah, kepada adik kandung ketua MPR tersebut, di peruntukkan agar 15 macam proyek diberikan pengerjaannya kepada Gilang Ramadhan, sebagai pihak swasta yang mengikuti lelang tender proyek di dinas PUPR kabupaten Lampung selatan.

Dalam sidang dakwaan kali ini, turut tersebut sebuah nama Nanang Ermanto, yang kini menjabat sebagai Bupati Lampung selatan menggantikan Zainudin Hasan, yang rencanannya akan pula diberikan suap oleh terdakwa sesuai dengan permintaan Zainudin Hasan.

Terdakwa Gilang Ramadan diancam dengan pidana, yang terdapat dalam pasal 5 ayat 1 huruf A, UU RI nomor 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana telah diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001, tentang perubahan atas undang – undang RI nomor 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, Junto pasal 65 ayat 1 KUHP.

Sidang lanjutan akan digelar pada minggu depan, Rabu 17 oktober 2018, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi, yang akan dihadirkan sebanyak 52 orang saksi. (*)