Murid SMK Terkendala Jawab USBN

Hari ini secara serentak seluruh SMK Negeri maupun swasta melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional atau USBN.

Sekitar 20 persen materi ujian dinilai tak sesuai dengan ilmu yang didapat selama sekolah.
Senin pagi siswa SMK Negeri dan swasta di Provinsi Lampung secara serentak melaksakan ujian sekolah berstandar nasional.

Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjalan soal.
Nur Bila salah satu siswi SMKN 1 Bandarlamppung, jurusan administrasi perkantoran menyampaikan, dari semua jumah soal yang dikerjakan, masih terdapat sekitar 20 persen soal yang tidak dikuasainya, karena menurutnya belum pernah dipelajari selama proses pembelajaran, seperti perekonomian agama.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bandarlampung menyebut, dihari pertama ini siswa-siswinya mengerjakan soal, yang kisi-kisinya telah disesuaikan dengan standar nasional, oleh karena itu terkait kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab soal tersebut menurutnya dikembalikan lagi dengan kemampuan siswa itu sendiri.

Sementara Waka Kesiswaan SMK Gadjah Mada Bandarlampung menyampaikan, hari pertama pelaksanaan usbn disekolahnya berjalan lancer.

Sementara pelaksanaan usbn di sekolahnya mengalami perubahan, yakni jika tahun sebelumnya hanya beberapa mata pelajaran saja, sekarang semua mata pelajaran masuk USBN.

Setelah pelaksanaan USBN siswa SMK akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer pada 25 hingga 28 maret mendatang. (*)