Murid SLBN Purworejo Lawan Rintangan Demi Bakat & Karya

Meski memiliki keterbatasan, para pelajar Sekolah Luar Biasa Negeri Purworejo, Jawa Tengah, mampu menghasilkan karya seni dan budaya yang luar biasa. Hal itu, dipamerkan dalam bazar keterampilan dan kegiatan kewirausahaan, pada Rabu kemarin.

Pameran yang digelar pada halaman SLB Negeri Purworejo di Jln Wr Soepratman KM 2, Cangkrep Lor tersebut, menampilkan bakat para murid di bidang memainkan alat musik, vocal, dan tari.

Selain itu, ada juga yang mengetengahkan bakat di bidang jasa dan keterampilan. Berupa salon, tata boga, pembuatan paving batik, souvenir, dan busana.

Semuanya ditampilkan pada 6 stan pameran yang ada. Gatur Endah Kartikawati, salah satu guru SLB N Purworejo, menerangkan dengan adanya bazar tersebut, diharap masyarakat melihat karya-karya muridnya.
Sekaligus membuktikan bahwa kemampuan dan bakat mereka tidak kalah dengan manusia normal.

SLBN Purworejo memiliki 250 pelajar di tingkat SD, SMP, dan SMA, yang memiliki kebutuhan khusus seperti tuna grahita, tuna daksa, tuna rungu, tuna netra, dan autis.

Mereka mendapat pelajaran soal keterampilan wirausaha dan bakat sesuai dengan kurikulum, yang merupakan kompetensi inti, dari peraturan Dirjen pendidikan.

Dimana pedoman kurikulum 13 pendidikan khusus adalah 60 persen Vokasi dan 40 persen Akademis. (*)