KPU SBB Deklarasi Kampanye Damai

KPU Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, menggelar deklarasi kampanye damai pada Pemilu 2019 di depan kantonya Desa Niniari, Kecamatan Seram Barat, pada Selasa sore kemarin.

Ketua KPU SBB Achmad Sillehu mengatakan terdapat 437 calon anggota legislatif yang akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dalam berkampanye, para Caleg tersebut dilarang menghina, mengadu domba, main hakim sendiri, merusak spanduk calon lain, serta mengindari praktik politik uang.

Selain itu, mereka juga dilarang memasang banner dan spanduk di jalan prokoler, ibadah, hingga pendidikan. Apabila kedapatan melanggar akan diproses oleh lembaga terkait yaitu Bawaslu, polri, jaksa, dan pemerintah setempat.

Sedikitnya 100 tokoh menghadiri deklarasi damai bertemakan Kampanye Anti Sara dan Anti Hoaks Menjadikan Pemilih Berdaulat Negara Kuat tersebut.

Mereka yang hadir di antaranya, Sekkab SBB Manshur Tuharea, Ketua Pengadilan Honipopu Piru, Kajari Piru, Wakil Ketua I DPRD SBB Mustafa Raharusun, Wakil Ketua DPRD II Bahtiar Payapo, Kesbang Pol SBB Saban Patty, Polres, perwira penghubung Kodim Kapten Inf Mado, hingga tim kampanye daerah Jokowi – Ma’aruf dan Prabowo-Sandi. (*)