KPU Sasar Pemilih Daerah Rawan Bencana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menginventarisir daerah rawan bencana maupun konflik di lampung. hal itu guna mengantisipasi rendahnya tingkat pemilih menjelang pemilu serentak 2019.

Komisioner KPU Lampung divisi sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat, Antoniyus Cahyalana, menyebutkan beberapa daerah rawan bencana alam seperti Mesuji, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Tanggamus, serta daerah rawan konflik seperti Tulang Bawang.

Sebagai langkah mengantisipasi rendahnya partisipasi pemilih di daerah rawan bencana, KPU selaku lembaga penyelenggara pemilu akan mencoba melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk bersama-sama menganalisis titik-titik rawan bencana.

KPU dan kepala daerah bersama badan penanggulangan bencana daerah akan mengupayakan akses bagi pemilih di daerah terisolir dengan mendirikan TPS – TPS di area titik kumpul terdekat.
Indikasi rendahnya tingkat pemilih adalah berdasarkan data partisipan pemilu 2014 dan Pilgub Lampung 2018 di bulan juni lalu.

Beberapa faktor yang turut mempengaruhi partisipan adalah mata pilih yang telah terdata di daftar pemilih tetap, namun pemilih tidak berdomisili di wilayah tersebut atau berada di luar daerah. (*)