KPU Pesibar Terindikasi Disuap Kader Demokrat

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu atau DKPP, memeriksa Komisioner KPU Pesisir Barat di Hotel Sheraton Bandarlampung tadi pagi.

Dalam persidangan ini terungkap dugaan penyuapan oleh Kader Demokrat pada lima Komisioner di sana.

Sidang pemeriksaan pertama ini dipimpin anggota DKPP Prof Dr Muhammad dengan pengadu April Liswar yang merupakan calon anggota legislatif petahana dan Almuhdar tim pakar atau tenaga ahli di DPRD Pesisir Barat.

Keduanya merupakan bakal calon anggota legislatif dari DPC Partai Demokrat Kabupaten Pesisir Barat yang dianggap tidak memenuhi syarat oleh KPU Pesisir Barat.

Sementara pihak teradu dihadiri oleh Ketua KPU Pesisir Barat Yurlisman bersama tiga anggota Komisioner lainnya yakni anggota Yulyanto Divisi Hukum, anggota Jefri Divisi teknis, dan anggota Tulus Basuki Divisi Data.

KPU Pesisir Barat diduga melakukan pelanggaran kode etik dengan nomor perkara 37 PKE DKPP/III/2019 dan 38 PKE-DKPP/III/2019.

Dalam sidang pemeriksaan pihak pengadu April Liswar memberikan pengakuan bahwa pihak teradu Ketua KPU Pesisir Barat Yurlisman telah menerima sejumlah uang dari Ketua DPC Demokrat Pesisir Barat M Towil pada awal agustus tahun lalu.

Sidang pemeriksaan pertama dengan dua nomor perkara ini dihadiri anggota KPU Provinsi Lampung divisi SDM Sholihin, anggota Bawaslu Provinsi Lampung Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Iskardo P Panggar. (*)