KPU Fokus Entri Data & Efisiensi

Pengaplikasian sistem pemungutan dan penghitungan suara pada proses rekapitulasi di TPS pada pemilu 17 april mendatang diharapkan dapat mendeteksi dan mencegah kesalahan pengentrian jumlah perolehan suara serta mempersingkat waktu penghitungan.

15 KPUD Kabupaten Kota Seprovinsi Lampung siang tadi mengikuti bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara serta penetapan hasil pemilu tahun 2019 di Hotel Emersia Bandarlampung.
Bimbingan teknis digelar untuk memberikan pelatihan penggunaan sistem informasi perhitungan suara atau situng pada pemilihan umum 17 april mendatang.

Dengan menggunakan aplikasi situng atau sistem informasi penghitungan suara, KPU Provinsi Lampung optimis dapat mendeteksi lebih dini setiap potensi permasalahan di tempat pemungutan suara terkait gugatan perselisihan jumlah suara.

Sebelumnya pada pemilu serentak 2014 lalu, Komisi Pemilihan Umum menerima tujuh belas rekomendasi dari badan pengawas pemilu untuk ditindaklanjuti terkait pergeseran suara di TPS-TPS.

Di samping mengantisipasi potensi pergeseran suara, aplikasi situng juga diharapkan dapat mempersingkat waktu penghitungan suara serta menjadi head control untuk mengkroscek kembali perolehan suara di TPS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung Nanang Trenggono menilai penerapan aplikasi sistem informasi penghitungan suara merupakan mekanisme konfirmasi untuk menghindari kesalahan penghitungan suara di TPS. (*)