Kotak Suara Alumunium Dijual

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung, memastikan penghapuskan logistik pemilu berupa kotak suara alumunium untuk pelaksanaan pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan presiden tahun 2019 mendatang, dan menggantinya berbahan kardus.

Saat ini lelang penghapusan logistik berbahan alumunium masih berjalan, sesuai proses tahapan pemilu, Februari mendatang, KPU Lampung akan memulai perakitan logistik surat suara, kotak suara, bilik suara, berbahan kardus berbahan plastik atau duplex.

Untuk proses pelelangan penghapusan atau penarikan logistik kotak suara berbahan alumunium, di beberapa kabupaten kota di Lampung, saat ini masih dalam proses. Dari 3 Kabupaten Kota yang mengajukan permohonan pelelangan melalui kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang atau KPKNL, 2 Daerah, yakni Lampung Selatan dan Bandar Lampung sudah disetujui, sementara untuk Kabupaten Way Kanan masih dalam proses.

Untuk tender penghapusan logistik alumunium, 4 Kabupaten Kota lainnya, saat ini masih menunggu izin dari KPU RI.

Sementara itu, mulai 15 januari 2019 kemarin, KPU RI mulai melakukan proses produksi logistik surat suara pemilihan umum dan pemilihan presiden 2019.

Sesuai tahapannya, dipastikan pertengahan maret 2019 mendatang, proses cetak dan pendistribusian logistik ke seluruh KPU Kabupaten Kota di Indonesia selesai. (*)