Kiblat Masjid Nurul Yaqin Diverifikasi

Bidang penyelenggaraan syariah kantor Kementerian Agama Bandar Lampung mengukur ulang kiblat masjid Nurul Yaqin Kelurahan Kampung Baru Raya, Labuhan Ratu.

Verifikasi pengukuran akurasi arah kiblat ini, untuk mencegah terjadinya kemungkinan ketidakakuratan arah kiblat yang selama ini terjadi, data kemenag kota Bandar Lampung, mencatat ada sekitar 57 masjid dan Mushola di Kota Bandar Lampung yang akan diverifikasi ulang arah kiblatnya.

Pihak Kemenag Bandar Lampung, secara bertahap akan melakukan verifikasi arah kiblat terhadap masjid maupun musholla yang sudah mengajukan permohonan verifikasi, baik yang sudah berdiri maupun yang akan dibangun, untuk segera melakukan koordinasi dengan kemenag setempat.

Berdasarkan pengamatan Kemenag, arah kiblat masjid maupun musholla di Bandar Lampung, masih banyak perbedaan arah kiblatnya, hingga lebih 20 derajat.

Untuk pengukuran ulang arah kiblat ini, tidak dipungut biaya, karena akan ditanggung sepenuhnya oleh kementerian agama.

Metode pengukuran atau penentuan arah kiblat yang dilakukan Kemenag, sesuai arahan pusat menggunakan peralatan GPS, kompas dan alat hitung.

Sebelum menentukan arah kiblat, terlebih dahulu dilakukan pengukuran, dengan mengetahui arah kiblat secara geografis letak ka’bah yang berada pada 21 derajat 25 menit lintang utara dan 39 derajat 60 menit lintang utara, dengan menggunakan alat GPS, kompas dan penghitungan matematis. (*)