Khamamik from Hero to Zero

Khamamik Bupati Non Aktif Kabupaten Mesuji Kini Tak Lagi Dapat Melakukan Aktivitasnya Sebagai Pemimpin Daerah Yang Diresmikan Pada Tahun 2008 Tersebut Mengingat Saat Ini Ia Harus Memakai Rompi Orange Milik KPK Dan Menjadi Tahanan Di Rutan Way Huwi Bandar Lampung.

Pria 51 Tahun Ini Menjadi Salah Satu Terdakwa Tindak Pidana Korupsi Yang Terjadi Di Lingkungan Dinas PU Kabupaten Mesuji.

Ia Diduga Kuat Telah Menerima Aliran Dana Suap Komitment Fee Proyek Dari Rekanan Proyek Yang Telah Diatur Pemenangan Lelang Tendernya .

Bupati Kabupaten Mesuji Sejak 2012 Ini Ditetapkan Menjadi Tersangka Oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Pada Januari 2019 Lalu Hasil Dari Pengembangan Operasi Tangkap Tangan Yang Dilakukan Oleh KPK Yang Sebelumnya Menangkap Taufik Hidayat Maedarmawan Dan Paying Di Toko Ban Milik Taufik Hidayat Di Wilayah Lampung Tengah.

Tidak Merasa Dijebak Oleh Pihak Manapun Tetapi Bupati Kabupaten Mesuji Dua Periode Ini Mengakui Bahwa Memang Selama Ini Banyak Yang Tidak Menyukainya Terutama Para Rekanan Yang Merasa Dipersulit Olehnya Untuk Pencairan Dana Karena Pengerjaan Proyek Dinilai Tidak Beres .

Sejak Proses Persidangannya Bergulir Di Pengadilan Negeri Tanjung Karang Berbagai Program Yang Selama Ini Diklaim Menjadi Unggulan Dalam Mencegah Kebocoran Anggaran Kabupaten Mesuji Menjadi Polemik Tersendiri Di Mata Jaksa Penuntut Umum,Salah Satunya Ialah Dengan Diberlakukannya Nota Dinas Untuk Permohonan Disetiap Pencairan Dana .

Menurut Khamamik Hal Tersebut Efektif Untuk Mengendalikan Pengadaan Barang Fiktif Dan Kebohongan Penyelesaian Proyek Sebab Ia Pun Melibatkan Unsur Dinas Lainnya Untuk Mengecek Langsung Keadaan Di Lapangan .

Dalam Persidangan Jaksa Justru Mempermasalahkan Diberlakukannya Nota Dinas Tersebut Lantaran Melalui Proses Yang Panjang Dan Berbelit – Belit Menjadi Sebuah Dugaan Pula Sebagai Jalan Khamamik Untuk Melakukan Tatap Muka Dengan Pemohon Pencairan Dana . Dan Disitulah Akan Terjadi Proses Deal-Deal-An Antar Kedua Pihak.

Akan Tetapi Menurut Pengusaha Pupuk Yang Menang Dua Kali Pilkada Ini Imbas Positif Dari Nota Dinas Tersebut Adalah Menjadi Silpa Atau Sisa Anggaran Yang Dapat Dialokasikan Pada Kepentingan Lainnya .Serta Manjadi Tambahan Anggaran Di Tahun Berikutnya .

Khamamik Yang Kini Menjadi Tahanan Rutan Way Huwi Bandar Lampung Berbeda Dari Pelaku Tindak Pidana Korupsi Lainnya / Yang Pasti Akan Ditinggalkan Oleh Masyarakat Yang Dipimpinnya Dan Segera Akan Dilupakan.

Tetapi Di Mata Warga Kabupaten Mesuji Sosok Pemimpin Seperti Khamamik Menjadi Seorang Panutan Tidak Perduli Saat Ini Dirinya Menjadi Terdakwa Perkara Korupsi Masyarakat Dan Mantan Anak Buahnya Pun Masih Sering Terlihat Hadir Memberi Dukungan Moril Di Setiap Persidangan Bahkan Mengunjunginya Di Rutan Way Huwi Bandar Lampung.

Saat Ditanya Terkait Program Yang Dibuatnya Dimesuji Ia Pun Segera Menuturkan Jelas Secara Rinci Bahwa Dengan Segala Kemampuan Yang Dimilikinya Rakyat Terus Di Prioritaskan Baik Dalam Segi Bantuan Dana Hingga Insfratuktur Yang Dibangun Untuk Hunian Layak Para Warga Tidak Mampu .

Meskipun Warga Masih Sangat Merindukan Sosok Pemimpin Seperti Khamamik Namun Hal Tersebut Tidak Menjadi Sebuah Alasan Untuk Kembalinya Dirinya Ke Kancah Dunia Perpolitikan Ia Merasa Kajadian Yang Dialaminya Saat Ini Membuatnya Harus Berhenti Bermimpi Menjadi Seorang Pemimpin Setelah Kebebasannya Nant.

Entah Akan Seperti Apa Akhir Dari Perkara Khamamik Ini Akankah Ia Terbukti Tidak Bersalah Atau Akan Mendapatkan Vonis Yang Sangat Berat Dari Majelis Hakim Nanti Namun Semua Bukti Yang Dihadirkan Serta Keterangan Para Saksi Dipersidangan Jelas Saja Memberatkan Dirinya . ( Tinus Ristanto )