Ketibung Dihantam Banjir Bandang

Banjir bandang menerjang permukiman di Desa Rangai, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan, pada Jumat (30/11) pagi.

Puluhan rumah warga tenggelam dan ratusan lainnya terendam dengan ketinggian air mencapai 1 meter. Banjir juga mengakibatkan Jalan Lintas Sumatera sempat lumpuh hingga menyebabkan kemacetan panjang akibat tergenang air setinggi 30 meteran.

Hujan deras yang terjadi pada Jumat malam di hampir seluruh wilayah Provinsi Lampung, mengakibatkan bencana di beberapa wilayah.

Salah satunya di Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, yang terkena dampaknya, pada Jumat pagi.
Puluhan rumah nyaris tenggelam dihantam banjir bandang yang juga menengggelamkan Jalan Lintas Sumatra By Pass hingga memicu kemacetan panjang arus lalu lintas.

Menurut warga sekitar, banjir disebabkan air bandang dari atas gununug di belakang pemukiman warga. Ketinggian air rata- rata mencapai 1 meter lebih hingga menutupi jendela rumah.

Salah satu warga yang terkena musibah ini adalah Sugita, banjir bandang kerap kali terjadi diwilayahnya jika musim penghujan tiba, namun banjir kali ini yang paling parah.

Pria berkacata mata ini hanya bisa pasrah melihat bangunan rumahnya terendam air dengan hanya menyisahkan ujung atapnya saja. Dirinya berharap pemerintah daerah tanggap dengan keadaan warganya.

Sementara itu, tim dari BPBD Lampung Selatan sudah berada di lokasi membantu mengevakuasi para korban banjir bandang.

Dari sekitar seribuan rumah di desa ini, terdata akumulasi sekitar 80 persenya terendam banjir. (*)