Kesehatan & Pendidikan Kunci Tingkatkan Kualitas SDM

Kesehatan dan pendidikan menjadi kunci utama pembangunan peningkatan sumber daya manusia agar Lampung bisa lebih berdaya saing di pada 2020 mendatang.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjelaskan bahwa peningkatan SDM tidak ada yang instan, sehingga harus ditangani secara menyeluruh dan komprehensif.

Oleh karena itu dikatakannya saat Musrenbang tingkat Provinsi di Hotel Novotel Selasa pagi tadi, bahwa kuncinya dari peningkatan tersebut, yakni kesehatan dan pendidikan.

Jika membahas tentang kesehatan, maka harus dimulai sejak dalam kandungan hingga melahirkan dan memperhatikan sistim penanganan dalam memberi imunisasi.

Sementara itu, di bidang pendidikan, yakni memastikan pendidikan wajib belajar dua belas tahun dengan memastikan sarana belajar untuk anak-anak lampung.

Oleh sebab itu, orang nomor satu di bumi ruwa jurai ini berharap agar Bupati/Walikota bisa memastikan ketersediaan bangku yang cukup karena ini merupakan prioritas untuk memperbesar kapasitas kualitas pendidikan.
Ketika ini dilaksanakan dengan baik, maka akan menjadi fundamental dari masyarakat lampung yang kuat dan siap bersaing kedepannya.

Sebab, tidak hanya daerahnya saja yang harus berdaya saing, tetapi harus ditopang dengan sdm sebagai bentuk persiapkan sampai masa akan datang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Syarifuddin berpesan agar Provinsi Lampung harus cermat dalam mengambil peluang pada bonus demografi.

Oleh karena itu diperlukan peningkatan kualitas SDM melalui bidang kesehatan dan pendidikan yang harus menjadi perhatian pemerintah.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional /Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Pemerataan Dan Kewilayahan Oktorialdi menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga indikator
Untuk pengembangan SDM, yakni bagaimana manusia itu dipenuhi hak dasarnya, seperti pendidikan, kesehatan dan pemukiman. (*)