Kadis PU Lamtim Disebut Dalang Tender Kurung

Seorang mantan Pejabat PPK Dinas PU Lampung Timur Idamsah, dihadirkan untuk memberikan kesaksiannya, terkait perkara korupsi proyek pembangunan Jalan Way Kambas.

Dalam kesaksiannya, dirinya menyebut Kepala Dinas PU Lampung Timur, telah mengatur pemenang lelang dari tender proyek tersebut.

Pengadilan Negeri Tipikor Kelas 1A Tanjung Karang, kembali menggelar sidang pekara korupsi, terkait proyek pembangunan jalan yang menuju Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, atas nama terdakwa Sutanto, Direktur PT Arciles Jaya, dengan agenda sidang yang mendengarkan keterangan saksi.

Saksi yang dihadirkan kali ini bernama Idamsah, seorang mantan pejabat pembuat komitmen dalam proyek pembangunan jalan tersebut, yang turut bertanggung jawab karena telah menandatangani laporan dari Pokja yang disodorkan kepada dirinya, hingga akhirnya disebut tidak sesuai dengan kontrak.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Siti Insirah kali ini, Idamsah sicecar dengan berbagai pertanyaan, yang dijawab berbelit – belit, dengan diselingi perkataan lupa dan tidak tahu.

Pada akhirnya jaksa pun membacakan keterangan yang diberikan oleh Idamsah dihadapan penyidik, sehingga dia pun menerangkan, bahwa tender proyek pembangunan jalan ini telah cacat sejak awal pelelangannya, yang dikatakan olehnya bahwa terdapat pengaturan pemenangnya terlebih dahulu.

Ia pun mengatakan bahwa pemenang lelang tender proyek itu, diinstruksikan oleh Kadis PU Kabupaten Lampung Timur, pada waktu para pejabat-pejabat tersebut dikumpulkan di Rumah Makan Kampung Bambu Bandar Lampung.

Saksi yang dihadirkan ini saat ini pun telah berstatus sebagai tersangka, dalam perkara yang sama, sementara sidang lanjutan akan digelar pada pekan depan, dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa kepada terdakwa Sutanto. (*)