Julita Indah Optimis Blits Kuasai Pasar

Tim Blits Explore Indonesia, yang datang ke Lampung dengan mengendarai mobil listrik disambut hangat oleh segenap jajaran PLN Distribusi Lampung.

Penyambutan kehadiran tim yang membawa dua mobil listrik dari Pulau Jawa menuju Sumatera itu, berlangsung di kantor PLN Unit Induk Distribusi Lampung di Jl. Diponegoro, Bandar Lampung, pada Jumat lalu.

Mobil tersebut merupakan karya mahasiswa Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November yang tengah menyusuri nusantara dalam Tim Blits Explore Indonesia.
Ketua Tim Blits Explore Indonesia, Muhammad Nur Yuniarto mengatakan ini kali pertama mobil ini mengaspal di Pulau Sumatera.

Mobil listrik BLITS itu memang melakukan perjalanan keliling nusantara dengan total jarak sekitar 15 ribu kilometer.

BLITS merupakan mobil listrik yang secara khusus didesain untuk balap dengan kapasitas dua orang.
Daya tempuh mencapai 300 kilometer dalam sekali pengisian daya baterai 100 kWh dengan menggunakan motor berkapasitas energi 50 kiloWatt. Untuk pengisian daya membutuhkan waktu 8 hingga10 jam.

Executive Vice President Pengembangan PLN Regional Sumatera Budi Pangestu mengatakan PLN berkomitmen untuk mendukung penuh perjalanan dua mobil listrik bernama Blits dan Kasuari. Hal itu dilakukan sebab karya ini merupakan tonggak sejarah Indonesia menggebrak dunia otomotif.

Tidak bisa dipungkiri, kalau sekarang kendaraan masih pakai BBM, tapi suka tidak suka kita semua akan menggunakan energi listrik. PLN juga harus mempersiapkan perubahan tersebut.

Sementara itu, General Manager PT. PLN Distribusi Lampung Julita Indah mengatakan, sebagai bentuk dukungannya terhadap Tim Blits Explore Indonesia, PLN juga telah menyiapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum yang dapat dipergunakan untuk pengisian daya mobil listrik.

Dengan keluarnya mobil ini, diharapkan Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara tetangga. Ini adalah karya anak bangsa yang harus didukung. (*)