Jokowi akan Didemo Warga Ketibung

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Di Lampung Selatan, kali ini kembali menuai permasalahan untuk para warga, dan lagi – lagi terkait pembayaran ganti rugi yang tak kunjung diterima ke tangan mereka.

Bahkan mereka bertekad menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dengan aksi demo, saat peresmian jalan tol 22 desember mendatang.

Sejumlah warga dari perwakilan masyarakat desa Tanjungratu, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, memprotes sikap Dinas PUPR Provinsi Lampung, terkait permasalahan dalam pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan yang seharusnya mereka dapatkan, sebab terkena pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera di wilayah tersebut.

Sebelumnya permasalahan ini terjadi pada saat, Kementerian Kehutanan Dan Lingkungan Hidup mengklaim bahwa tanah para warga tersebut miliknya.

Namun masyarakat setempat memiliki sertifikat yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.
Pada prosesnya, permasalahan ganti rugi tersebut berlanjut hingga penggugatan ke meja hijau oleh warga, dan dengan putusan dari pengadilan yang memenangkan pihak penggugat yaitu masyarakat Desa Tanjung Ratu, yang sebanyak 88 serifikat.

Namun sebelum waktu yang ditentukan oleh pengadilan untuk inkrahnya keputusan tersebut, Dinas PUPR Provinsi Lampung yang bertugas sebagai pembayar ganti rugi lahan, mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Lampung, dan sikap tersebut tentunya tak diterima oleh para warga, mengingat masih ada 39 sertifikat yang sampai pada saat ini beberapa warga yang terdampak permasalahan pembayaran ganti rugi tersebut.

Masih ada yang bertahan tinggal di dalam masjid dan sebagian masih menumpang di kediaman kerabat mereka.
Dan para warga pun akan melakukan lanjutan aksi protes mereka, dalam menuntut hak – haknya sebagai penerima ganti rugi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, dengan mengadakan aksi demo pada tanggal 22 deseber nanti, seiringan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo dalam acara peresmian tol tersebut. (*)