Johan Sulaiman Sebut Semua Kepala Daerah Berpeluang Korupsi

Wakil Ketua DPRD Lampung Johan Sulaiman angkat bicara terkait banyaknya Kepala Daerah di Lampung yang bersentuhan dengan Komisi Pemberantas Korupsi RI.

Disimpulaknnya bahwa siapapun yang menjabat kepala daerah dumungkinkan tergoda melakukan korupsi. Beberapa Kepala Daerah yang terjerat kasus korupsi ini di antaranya, Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan dan Bupati Lampung Tengah Mustafa.

Namun, sampai saat ini, beberapa kepala daerah yang masih berurusan dengan lembaga anti rasuah itu, yakni Bupati Mesuji, Khamamik, Bupati Lamsel Zainudin Hasan dan terakhir Bupati Lamtim Chusnunia Chalim yang beberapa waktu lalu sempat dipanggil KPK RI sebagai saksi.

Menurt Johan Sulaiman, sikap masyarakat yang pragmatis menyebabkan tingginya cost politik. bahkan saat ini telah berkembang di masyarakat istilah nomor piro wani piro.

Ia mencontohkan, untuk maju sebagai calon kepala daerah dibutuhkan dana sekitar Rp 20 Miliar.
Setelah terpilih, Kepala Daerah itu tentunya akan berfikir dan mencari cara mengembalikan modal saat pencalonannya kemarin, sehingga berpotensi korupsi, mengingat modal itu tidak akan kembali jika hanya mengandalkan gaji pokok.

Oleh karena itu, jika tingkat kesadaran masyarakat tidak berubah, maka potensi Kepala Daerah untuk korupsi masih besar dan ini berlaku tidak hanya di Lampung saja, tetapi seluruh Indonesia. (*)