Idhamsyah Jadi Pesakitan Gegara Tak Simak Kontrak Kerja

Seorang pensiunan pegawai di Dinas PU Lampung Timur, dihadirkan sebagai terdakwa terkait berkas kontrak kerja pada perkara korupsi pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju Taman Nasional Way Kambas, dengan agenda sidang kali ini yaitu pembacaan dakwaan oleh jaksa.

Pengadilan Negeri Kelas 1-A Tanjung Karang Bandar Lampung, kembali menggelar sidang tindak pidana korupsi, yang kali ini terkait perkara korupsi pembangunan ruas Jalan Raja Basa Lama Induk TNWK Kabupaten Lampung Timur, atas nama terdakwa Idhamsyah.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Siti Insyirah ini, beragendakan pembacaan dakwaan oleh jaksa dari Kejari Lampung Timur, sebanyak 13 halaman terhadap Idhamsyah.

Pria 60 tahun ini didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dengan cara menandatangani draf kontrak yang diserahkan kepadanya, yang sebelumnya pemenang lelang tender tersebut dikuasakan terlebih dahulu kepada seorang bernama Sutanto yang ia mintakan kepada panitia lelang, tanpa kemudian mengecek kembali apakan Sutanto termasuk atau karyawan perusahaan tersebut.

Akibatnya Sutanto yang sebelumnya hanya bekerja sebagai seorang buruh kasar, menyelesaikan pengerjaan pembangunan ruas jalan tersebut, tidak sesuai dengan isi di dalam draf kontrak, sehingga perbuatan yang dilakukan oleh Idhamsyah tersebut, melanggar peraturan presiden RI, nomor 4 tahun 2015, yang berisikan tentang peraturan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Lantaran ulahnya, terdakwa idhamsyah didakwa dengan menggunakan pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 undang – undang RI nomor 31 tahun 1999, yang mengatur tentang tindak pidana korupsi. (*)