Herbalis Undip Motivasi Siswa SMPN 2 Purworejo

Ilmuwan muda Universitas Diponegoro Semarang Prof Dr Andri Cahyo Kumolo ST MT memotivasi ratusan siswa SMP Negeri 2 Purworejo, Selasa siang kemarin.

Ahli herbal dan bahan pangan in bahkan menyatakan siap memfasilitasi apabila ada siswa atau guru yang hendak melakukan penelitian.

Menurut Andri Cahyo Kumolo, siswa harus terus mendapat motivasi sehingga terpacu untuk menggali potensi dirinya. Setiap anak, bisa menjadi peneliti terlebih didukung kondisi lingkungan dan teknologi saat ini yang sudah maju.

Bahkan beberapa sekolah juga bekerjasama dengan memanfaatkan program pengabdian masyarakat yang dimiliki kampus.

Mereka meminjam peralatan laboratorium yang tidak dimiliki sekolah sekaligus berkonsultasi dengan akademisi.
Ketua Paguyuban Parenting Kelas VII, Nurmansyah Alami, menjelaskan

Profesor Andri mengisi program Kelas Inspirasi dengan sasaran siswa kelas VII dan VIII.
Kelas Inspirasi ini bekerjasama dengan Paguyuban Parenting dengan mendatangkan Prof Andri yang juga alumni SMP 2 Purworejo 1988.

Upaya mencerdaskan anak di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab guru. Orang tua, juga memiliki tanggung jawab yang sama dan dapat diterapkan langsung dengan sasaran siswa. Bentuk nyata usaha itu, salah satunya adalah menghadirkan alumni yang sukses.

Kepala SMP 2 Purworejo Yosiyanti Wahyuningtyas MPd mengemukakan, Kelas Inspirasi tidak mengganggu kegiatan belajar karena diselenggarakan pada waktu jeda tengah semester. (*)