Hartono Korupsi Dana Desa Tamanjaya Dipenjara 4,8 Tahun

Perkara tindak pidana korupsi anggaran dana desa Taman Jaya, Kabupaten Lampung Utara, digelar di ruang sidang cakra Pengadilan Negeri Kelas 1a Tanjung Karang Bandar Lampung, dalam sidang putusan hakim kali ini, Hartono akhirnya divonis 4 tahun 8 bulan penjara.

Hartono, seorang PJ sekertaris Desa Taman Jaya, di Kabupaten Lampung Utara, menjadi seorang terdakwa kasus tindak pidana korupsi atas ulahnya, yang mengambil keuntungan dari anggaran dana desa pada tahun anggaran 2016.

Sesuai dengan fakta persidangan dan keterangan dari saksi – saksi yang dihadirkan, terdakwa terbukti bersalah yang telah merugikan keuangan negara sebesar 151 juta, dari pembangunan onderlagh dan irigasi, sesuai dengan pemeriksaan berkas dari polres lampung utara yang ia terima.

Dalam sidang vonis ini, majelis hakim yang diketuai oleh hakim ketua novian saputra, memutuskan memberikan pidana penjara kepada hartono selama 4 tahun 6 bulan kurungan, dan denda sebesar 200 juta rupiah, dengan subsidair 3 bulan kurungan penjara, serta diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar seratus 5 puluh 1 juta 5 ratus 7 ribu 9 ratus rupiah.

Terdakwa Hartono terbukti bersalah melakukan pidana sesuai dengan pasal 2 ayat 1, junto pasal 18 ayat 1 undang – undang, nomor 31 tahun 1999, yang telah diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi. (*)