Harga Kopi Lampung Anjlok Sejak Beberapa Hari Terakhir

Harga Kopi Lampung Anjlok Sejak Beberapa Hari Terakhir

BANDAR LAMPUNG – Harga kopi robusta di lampung terus menurun, dinas perdagangan provinsi lampung menyebut salah satunya disebabkan oleh produksi di luar negeri sedang panen.

Harga kopi robusta lampung, sejak beberapa hari terakhir terus menurun dari kisaran harga 23 ribu per kilogram, menjadi kisaran 19 ribu per kilogramnya. Akibat anjloknya harga kopi robusta lampung ini, banyak petani kopi lebih memilih menyimpan kopi terlebih dahulu hingga harga kembali stabil.

Dinas perdagangan provinsi lampung menyatakan, anjloknya harga kopi di lampung disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yakni dikarenakan produksi kopi di luar negeri seperti Brazil dan Vietnam saat ini sedang masa panen.

Hal ini disampaikan langsung oleh kepala dinas perdagangan provinsi lampung, Ferynia, menurutnya selain produksi kopi di luar negeri sedang panen, cuaca ekstrem beberapa hari terakhir juga turut mempengaruhi, yang membuat penurunan produksi kopi hingga 40 persen.

Selain mengatasi anjloknya harga kopi dengan menyimpan sementara kopi, dinas perdagangan juga mengharapkan, kenaikan dolar AS atas rupiah sebesar 15 ribu rupiah bisa membantu mendongkrak kembali harga kopi lampung di pasaran ekspor. (*)