Dewi Handajani Buka Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa

Bupati Tanggamus Dewi Handajani membuka Sosialisasi dan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Pekon di aula Gedung Serba Guna, Kecamatan Gisting, Kamis pagi tadi.

Kegiatan ini menghadirkan Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Lampung dengan didampingi PMD dan Inspektorat Tanggamus.

Bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat yang dicetuskan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo ini, menjadikan pembangunan lebih merata.

Beragam hasil nyata yang telah dikerjakan berupa jalan, posyandu, gedung belajar Pendidikan anak usia dini, Pembangunan Irigasi dan talut, dan masih banyak lagi yang pembangunannya sudah teralisasi berkat adanya dana desa ini.

Ini merupakan wujud nyata adanya bentuk perhatian Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi dan Kabupaten kepada kemajuan pembangunan di tingkat desa atau pekon.

Dan dalam perwujudnya kakon harus menggandeng BHP pekon serta menjalankan program pembangunannya berdasarkan apresiasi dari warganya sendiri.

Adanya sosisalisasi ini tentu akan menambah wawasan dari para aparatur pekon terutama kepala pekon tentang mekanisme dan peraturan dalam hal pengelolaan dana desa. Kemudian pencairannya sendiri tentu ada mekanismenya yakni pencairan dana desa 20,40,40 persen dan tiap pencairan ada kriteria dan persyaratannya.
Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Auditorat V BPK-RI Dede Sukarjo, Dirkrimsus Polda Lampung
Kombespol Drs Subakti, serta Kasi Barang Bukti dan Rampasan Kejari Tanggamus Ali Habib. (*)