Damkar Tanggamus Kikuk Jinakan Api

Regu Pemadam Kebakaran Tanggamus sepertinya tak memiliki kapasitas sehingga nampak kikuk dalam bertugas. Buktinya, tiga bangunan di RT-12, Lingkungan Pancawarna, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, ludes dilalap si jago merah karena mereka tak mampu menjinakannya.

Ketidaksiapan petugas Damkar ini terlihat dari lemahnya respon pada musibah yang terjadi. Mereka tak bergegas datang untuk menjinakan api. Padahal, lokasi kejadian dekat dengan Pos Pemadam Kebakaran Kotaagung.

Sikap kikuk tersebut terlihat pula pada mesin pompa air yang tak berfungsi, setibanya mereka di lokasi kejadian. Masih ada lagi, mobil tanki yang didatangkan ini ternyata tak ada airnya.

Kondisi itu memaksa warga bahu-mambahu mengambil air dari parit terdekat demi menjinakan api. Pada sisi lain, para petugas pemadam kebakaran disibukan dengan masalahnya sendiri.

Sepertinya wajar bila api leluasa melahap dua gudang berisi mebeulair dan satu rumah, mulai pukul 23.30 WIB,

Jumat kemarin, hingga pukul 04.00 WIB, Sabtu tadi. Beruntung tak ada korban jiwa pada musibah ini. Tetapi, kerugian ditaksir Rp500-an juta.

Belum diketahui pasti sebab-sebab kebakaran tersebut. Hingga saat ini, petugas masih melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian. (*)