Damar Nilai Ibu Pembuang Bayi Tak Sepenuhnya Salah

Tragedi pembuangan bayi yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu, Damar, selaku lembaga advokasi perempuan memberikan pendapatnya terkait perkara ini, bahwa terdakwa tak sepunuhnya layak dipersalahkan.

Indri Mei Triyani, seorang wanita muda yang berusia 17 tahun, yang saat ini menjadi terdakwa dalam kasus pembuangan bayi, yang ia lahirkan sendiri dari hasil hubungan di luar nikahnya bersama pacarnya, Rohman Yudo Diniastoro.

Mereka berdua kini sedang menjalani proses sidangnya di Pengailan Negeri Kelas 1 A Tanjung Karang Bandar Lampung, yang kini masih dalam tahap dakwaan dari jaksa.

Menanggapi kasus ini, selaku lembaga advokasi perempuan yang ada di kota tapis berseri ini, Damar memberikan pendapatnya tentang perkara yang sedang bergulir sidang ini, pelakunya adalah ibu kandungnya sendiri berstatus wanita di bawah umur.

Pasangan yang melakukan hubungan di luar nikah ini, sebenarnya telah dinikahkan di Polsek Tanjung Karang Barat beberapa waktu lalu, Damar menilai prosesi itu terkesan dipaksakan.

Indri mengaku panik saat ia melahirkan bayinya di dalam toilet rumah orang tuanya di gang Mawar 3, jalan Panglima Polim Kelurahan Segala Mider, Kecamatan Tanjung Karang Barat, sehingga ia pun membuang bayi yang dilahirkannya itu ke aliran sungai di wilayah tersebut. (*)