Damar Minta Pemerintah Fokus Urus Kasus Incest

Melihat maraknya kasus incest yang terjadi di Lampung, lembaga advokasi perempuan, Damar, mendesak adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Provinsi, untuk menyelesaikan persoalan tersebut, sehingga kasus yang sama tidak terulang kembali.

Terkait adanya peningkatan kasus incest yang terjadi di wilayah lampung, dan banyak yang menjadikan perempuan sebagai korbannya, dianggap menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah dan stakeholder terkait, yang tak hanya menyelesaikan apa yang telah terjadi, namun lebih cenderung fokus kepada cara pencegahannya.

Hal tersebut diutarakan oleh perwakilan Lembaga Advokasi Perempuan Lampung, yang mengatakan bahwa perlu adanya kerjasama antar Pemerintah Provinsi dan Daerah, untuk mengambil langkah cepat, agar kasus serupa tidak terulang kembali, dengan melihat banyak faktor yang kompleks, yang turut menciptakan orang terdekat menjadi pelaku, bukan lagi menjadi seorang pelindung.

Hal – hal yang telah terjadi seharusnya menjadi sebuah pelajaran yang berharga, yang diperlukan adanya peran lingkungan sekitar, dengan kepedulian terhadap hal yang mencurigakan di lingkungan masyarakat, dengan tanggap segera melaporkan pula ke pihak berwajib.

Pemerintah pun didesak untuk mengadakan penelitian ke Desa-Desa, sebagai langkah penyelesaian dari masalah yang kronis tersebut, sehingga tak hanya mengurus permasalahan yang sudah terlanjur terjadi. Namun juga menciptakan sebuah pencegahan dari permasalahan tersebut. (*)