Chandra Ertikanto Dibui 16 Bulan Penjara

Sidang lanjutan atas perkara tindak pidana pencabulan, dengan terdakwa yang bernama Chandra Ertikanto, seorang mantan Dosen Universitas Lampung, yang sebelumnya oleh jaksa dituntut 2 tahun, akhirnya divonis oleh hakim dengan pidana 1 tahun 4 bulan penjara.

Perkara tindak pidana pencabulan yang dilakukan oleh seorang oknum dosen terhadap mahasiswi bimbingannya, kembali digelar di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tanjung Karang Bandar Lampung, dengan agenda pembacaan putusan hakim.

Dalam perkara yang cukup panjang ini, terdakwa Chandra sebelumnya mengerahkan segala cara, untuk membantah semua tudingan yang dialamatkan padanya, sampai pada akhirnya ia menyerah dan mengakui perbuatan bejatnya itu.

Dengan ucapan pengakuannya tersebut, dan jalan damai yang ia tempuh bersama pihak korban, pada akhirnya pun membuahkan hasil, dengan vonis yang menjadi ringan dari tuntutan jaksa, yakni dengan putusan hukuman pidana selama 1 tahun 4 bulan kurungan penjara.

Sebenarnya pada sidang kali ini, agendanya ialah pembacaan nota pembelaan dari terdakwa. Namun tanpa berlama – lama Hakim Ketua Nirmala Dewi langsung melanjutkannya dengan pembacaan putusan hakim. (*)