Calo Akmil Raup Rp 250 Juta

Pengadilan Negeri Kelas 1a Tanjung Karang, menggelar sidang perkara penipuan, pada pria pengangguran terkait janji akan meloloskan peserta dalam tes penerimaan angkatan militer angkatan darat, yang merugikan korbannya 250 juta rupiah.

Dudung Tipi, asal Tanjung Senang Bandar Lampung, harus duduk di kursi pesakitan, lantaran ulahnya yang menipu seorang peserta tes penerimaan Akmil TNI Angkatan Darat, dengan janji akan meloloskannya dan meminta imbalan sebanyak 250 juta rupiah.

Uang tersebut diberikan langsung oleh orang tua korban, Erwin Malik Manurung, karena korban dan keluarga telah diyakinkan tentang keberhasilan terdakwa dalam meloloskan tes tersebut. Sebab pada sebelumnya ada seorang peserta dapat lulus semua tes karena usaha dari terdakwa.

Namun setelah mengikuti beberapa rangkaian tes yang diadakan oleh panitia penerima peserta, korban dinyatakan tidak lulus, dan sesuai dengan janji dari terdakwa Dudung, bahwa jika korban tidak lolos dari rangkaian tes tersebut, maka uang yang di berikan tersebut akan segera dikembalikan seuutuhnya.

Namun setelah dinanti-nanti, janji dari terdakwa tak urung juga dilaksanakan, sehingga korban dan keluarga geram, dan melaporkan Dudung ke pihak kepolisian, hingga terdakwa berhasil disidangkan.

Oleh karena perbuatannya tersebut, terdakwa yang dikenal dengan nama ujang ini, di dakwa oleh jaksa dengan dakwaan pidana sesuai dengan pasal 378 KUHP, dan dengan pasal 372 KUH Pidana, yang mengatur tentang tindak pidana penipuan. (*)