Buronan Koruptor Pemkab Tuba Tertangkap

Buronan Koruptor Pemkab Tuba Tertangkap

TULANGBAWANG – Azilin Rizal seorang mantan Kabag umum pemkab tulangbawang, yang menjadi buronan sejak 2013 akhirnya tertangkap, terpidana tindak pidana korupsi pengadaan barang ini ditangkap di Bandar lampung dan telah dibawa ke lembaga pemasyarakatan Rajabasa.

Terpidana korupsi mantan Kabag umum kabupaten tulang bawang, yang bernama Azilin Rizal, yang telah masuk daftar pencarian orang sejak mei 2013, akhirnya tertangkap di kota Bandar lampung.

Kejaksaan tinggi lampung telah memantau keberadaan terpidana ini yang sedang berada di kota bandar lampung, dan langsung melakukan penangkapan saat dirinya sedang menjalankan aktivitasnya dan berada di jalan diponegoro.

Terpidana Azilin dinyatakan oleh mahkamah agung bersalah, karena telah melakukan korupsi secara bersama-sama dalam pengadaan topi hansip, pengadaan buku standarisasi harga satuan barang, pengadaan barang elektronik, dan pengadaan pembuatan buku inventaris aset daerah di pemerintah kabupaten tulangbawang.

Mantan Kabag umum ini bersalah melanggar pasal primair, pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 undang-undang no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, yang dirubah dan ditambah dengan undang-undang no 20 tahun 2001 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dengan kerugian negara mencapai Rp 311 juta, koruptor ini dijatuhi hukuman empat tahun penjara dengan denda Rp 200 juta, dengan subsidair kurungan enam bulan.

Terpidana Azilin juga harus mengembalikan uang pengganti Rp 311 juta 452 ribu kepada negara, dan apabila tidak dikembalikan dalam satu bulan akan disita harta benda miliknya dan dengan subsidair 1 tahun kurungan penjara. (*)