Bugar Sepanjang Hari Berkat Madu Lanceng & Kopi Lawa

DESA Sudorogo, Kaligesing, adalah salah satu daerah dataran tinggi di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Wilayah ini diapit dua desa yaitu Ngaran dan Pendem.

Di tempat ini ternyata tersimpan banyak potensi yang layak untuk dikenali oleh masyarakat luas. Khususnya minuman yang menyehatkan tubuh.

Yaitu Madu Lanceng dan Kopi Lawa. Konon bisa membuat tubuh bugar sepanjang hari. Hal ini dikarenakan beragam kandungan vitamin dan mineral di dalamnya berupa madu alami dan gula semut.

Potensi itulah yang menggerakan pemerintah dan masyarakat setempat mengembangkan ekonomi kreatif.
Melalui Badan Usaha Milik Desa, kedua potensi tadi diyakini bakal mampu bersaing di dunia luar.
Terkait hal tersebut, pada Minggu kemarin, Pemkab Purworejo beserta masyarakat menggelar pengajian bertajuk Dari Desa Untuk Negara dan Bangsa di SMP Negeri 39.

Selain itu digelar pula santunan dan tak lupa memamerkan produk olahan andalan Desa Sudorogo tadi.
Gentong Sumharjono, Asisten I Pemerintahan, Pemkab Purworejo, berharap kegiatan semacam ini dapat digelar berkelanjutan untuk memotivasi masyarakat.

Sementara itu, Nafiati selaku direktur Bumdes Manis Mulyo, Desa Sudorogo, menjelaskan telah merintis pembuatan dua jenia bahan minuman tersebut sejak tahun lalu, berlabel Madu 3 dan Kopi Lawa

Meski masih menjadi obyek percontohan. Tapi, nantinya diharapkan tiap rumah bakal ada 5 kandang Lebah Lanceng untuk menghasilkan madu.

Tidak hanya MADU 3, pada pameran itu juga dikenalkan produk andalan Desa Sudorogo lainya yaitu KOPI LAWA. Dimana kopi ini dikemas saset dan sudah dicampur dengan Gula Semut murni yang juga dihasilkan sendiri oleh penduduk desa ini.

Pada sisi lain, muncul pula sosok pemuda kreatif di desa ini. Seperti Indah, Erna, dan Septi.
Mereka ini berkecimpung di dunia bisnis olahan limbah. Khususnya limbah tali sutra.
Talinya dari pengikat kain sutra dibuat untuk kerajinan seperti bak sampah hingga perabotan rumah lainnya. (*)