Bawaslu & Pers Lawan Hoaks

Bawaslu Kota Bandarlampung menggandeng insan pers untuk melawan hoaks, ujaran kebencian, dan politisasi sara pada pemilu tahun ini.

Untuk mengantisipasi maraknya peredaran hoaks dan ujaran kebencian serta politisasi sara menjelang pemilu 17 april, Badan Pengawas Pemilu menggelar media gathering di Hotel Kurnia Perdana Bandarlampung tadi sore.

Menurut Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P Panggar, media menjadi garda terdepan dalam menangkal penyebaran hoaks dan ujaran kebencian sehingga tidak menjadi konsumsi masyarakat.

Bawaslu menggandeng pihak kepolisian untuk menindak para pelaku penyebaran hoaks dan ujaran kebencian, dan bawaslu juga bekerja sama dengan beberapa platform media sosial di indonesia seperti google, facebook, instagram dan twitter.

Berdasarkan indeks kerawanan pemilu yang dirilis oleh pemerintah pusat, Provinsi Lampung menduduki posisi 12 secara nasional. Sebagai langkah antisipasi pengawasan pemilu saat memasuki hari tenang, Bawaslu melakukan patroli di TPS-TPS saat menjelang 17 april. (*)