Bandarlampung Rawan Pohon Tumbang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandarlampung bersama instansi penerangan jalan umum melakukan peremajaan Pohon Kedondong Hutan, pagi tadi.

Pohon Kedondong Hutan yang banyak tumbuh di Tepi Jalan Kota Bandarlampung sangat rentan tumbang pada saat angin kencang dan hujan.

Tercatat ada lima peristiwa Pohon Kedondong tumbang yang mengancam keselamatan warga, tetapi insiden itu tidak sampai menimbulkan adanya korban jiwa.

Sebagai langkah antisipasi pada saat cuaca ekstrim akhir-akhir ini, BPBD Bandarlampung bersama petugas Damkar dan instansi PJU melakukan peremajaan pohon di lima lokasi yang dinilai rawan yakni jalan Sisingamangaraja,

Jalan Tamin, Jalan Kiyai Haji Ahmad Dahlan, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan R-E Martadinata. Pada titik lokasi tersebut BPBD melakukan pemangkasan dahan dan cabang pohon sebanyak 127 batang pohon dibantu oleh petugas PJU karena banyak dahan pohon yang menyentuh kabel listrik.

Untuk menhlghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Pelaksana Tugas Kepala Seksi Tanggap Darurat Kota Bandarlampung, Suhaimi, mengimbau warga agar tidak berteduh di bawah Pohon Kedondong Hutan saat menghindari derasnya hujan. Menurut suhaimi Pohon Kedondong Hutan sangat rawan tumbang karena akar pohon yang tidak kuat. (*)