Bacakan Proyek Kapal di Pesawaran Ponirin Dipenjara 20 Bulan

Perkara kasus tindak pidana korupsi terkait pengadaan kapal penumpang, di lingkungan dinas perhubungan Kabupaten Pesawaran kembali di gelar, kali ini pengadilan menyidangkan terdakwa Ponirin dengan agenda putusan pidana dari hakim.

Sidang terkait kasus tindak pidana korupsi pengadaan kapal penumpang yang dilakukan secara berjamaah, di lingkungan dinas perhubungan Kabupaten Pesawaran, disidangkan di ruang cakra Pengadilan Negeri Tipikor Kelas 1a Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Dalam sidang vonis kali ini, terdakwa ponirin yang saat itu menjadi panitia penerima hasil pekerjaan, terbukti telah menyalah gunakan jabatannya, dengan bersama – sama dan bekerjasama dengan terdakwa lainnya, melakukan tindak pidana korupsi yang telah merugikan keuangan Negara, sebesar 341 juta lebih.

Majelis hakim yang diketuai oleh hakim Ketua Syamsudin, memvonis terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan kurungan, dan diwajibkan membayar denda sebesar 50 juta rupiah, dengan subsider 3 bulan penjara.

Sekretaris dinas perhubungan Kabupaten Pesawaran ini, sebelumnya dituntut oleh jaksa dengan tuntutan 1 tahun 10 bulan kurungan penjara dengan denda 50 juta rupiah,dengan subsider penjara selama 6 bulan.

Dalam menghabiskan masa tuanya, Ponirin harus menjalaninya didalam penjara dan harus merasakan dinginnya lantai sel tahanan, sementara menanggapi vonis untuk dirinya sikap terdakwa tindak pidana korupsi ini menerimanya. (*)